Senin, 19 Oktober 2009

tugas 1 pengantar penelitian kebudayaan

Jelaskan kekurangan dan kelebihan dari:

1. Etnografi versi awal

kelebihan: penerapan teori evolusi biologi terhadap bahan-bahan tulisan tentanf berbagaisuku bangsa di dunia bersumber daritulisan yang dikumpulkan oleh para musyafir, penyebar agama kristen, pegawai pemerintahan kolonial dan penjelajah alam. dan tulisan tersebut mereka gunakan untuk melihat perkembangan budaya manusia dari pertama muncul sampai saat ini

kekurangan: namun dalam penerapannya teori evolusi ini para ahli tidak seperti LH.Mohan dkk tidak pernah terjun langsung kelapangan sehingga penelitian yang dilakukan kurang

2.Etnografi modern

kelebihan: dalam etnografi modern peneliti harus melakukan observasi sambil berpartisipasi langsung dalam masyarakat yang ditelitinya.

kekurangan: dalam etnogravi modern hanya mempelajari kehidupan masa kini yang sedang dijalani oleh anggota masyarakat

3.Etnografi baru

kelebihan: etnogravi baru ini memusatkan usahanya untuk menemukan bagaimana berbagai masyarakat mengorganisasikan budaya mereka dan kemudian di pergunakan dalam kehidupan sehari hari.

kekurangan: bertolak dari definisi budaya dari Ward Goodenough menurutnya budaya masyarakat atas segala sesuatu yang harus diketahui agar seseorang dapat berperilaku yang dapat diterima masyarakat.

4.Etnografi baru ala Spradley

kelebihan: Budaya sebagai sistem pengetahuan yang diperoleh manusia melaluiproses belajar yang kemudian mereka gunakan untuk mengintrepretasikan dunia sekeliilingnya sekaligus untuk menyusun strategi perilaku dalam menghadapi dunia sekeliling.

kekurangan: cara belajar etnografi ini adalah dengan melakukannya. kerjakan dan terus kerjakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar